GOOD PRACTICES UNTUK MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DI PERGURUAN TINGGI
Dalam mewujudkan "Good Governance" di Perguruan Tinggi terdapat 9 (sembilan) prinsip yang harus di implementasikan, yaitu :
- Parsisipasi Stakeholder dalam pengambilan keputusan
- Taat pada hukum, aturan dan kesepakatan bersama
- Transparansi dalam proses, lembaga dan informasi
- Tanggap terhadap kebutuhan dan kepentingan pelanggan
- Konsensus untuk pilihan terbaik bagi kepentingan yang lebih luas
- Keadilan bagi seluruh warganya
- Efektif dan efisien dalam setiap aktivitas
- Akuntabilitas dalam segala hal yang dilakukan
- Memiliki Visi yang strategik dalam pengembangan SDM nya
Untuk melaksanakan 9 (sembilan) prinsip tersebut Perguruan Tinggi perlu mempraktekkan "Good Practices" berikut ini :
- Evaluasi diri secara periodik
- Merumuskan Standard Operation Procedure (SOP) untuk setiap jenis kegiatan operasional dan mensosialisasikan secara efektif
- Membudayakan mekanisme sistem pertanggung jawaban pada setiap aktivitas yang dilakukan
- Mengembangkan dan melaksanakan sistem monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan
- Mengutamakan mutu dan selalu melakukan perbaikan berkelanjutan
- Memberikan kewenangan yang jelas pada masing-masing unit
- Menngunakan sistem akreditasi yang berlaku sebagai arah pengembangan dan peningkatan
- Menetapkan unit cost secara rasional untuk setiap kegiatan operasional
- Menumbuhkan sussana akademik dalam kehidupan kampus
- Mengupayakan keberlanjutan progam
- Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan lain, kalangan bisnis dan industri, dan kalangan pemerintah daerah/ nasional
- menjunjung tinggi nilai-nilai perguruan tinggi seperti integritas, keterbukaan, kejujuran, kebenaran dan lain-lain
- Pengambilan keputusan berdasarkan fakta dan data, serta informasi yang terpercaya
- Perencanaan, rekruitmen dan pengembangan SDM untuk meraih mutu
- Membangun dan memfungsikan sistem penjaminan mutu, guna mengendalikan mutu pada aspek akademik dan non akademik
- Mengadakan media komunikasi vertikal dan horizontal
- Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT), guna memperlencar arus informasi dan komunikasi
- Memberikan bimbingan individual pada mahasiswa terkait denngan bidang akademik dan non akademik
- Menciptakan budaya kerja baru yang lebih produktif,akuntabel, efektif dan efisien, diperlukan keseimbangan peranan-tugas-tanggung jawab-fasilitas kerja dan remunerasisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar