Total Tayangan Halaman

Senin, 15 November 2010

PENGHALANG ITU BERNAMA "SELF IMAGE"

Seringkali kita menemui kesulitan untuk mewujudkan sesuatu, apakah itu merupakan tujuan tertentu atau ingin membentuk perilaku tertentu.  Salah satu yang menjadi faktor penghambat utama adalah suatu selubung diri yang sangat kuat atau yang dikenal dengan "Self Image".  Self image adalah persepsi tentang diri kita sendiri oleh kita sendiri, dan sering tidak kita sadari, karena memiliki bentuk yang sangat halus atau abstrak.  Self image lebih bersifat global yang menyerupai payung besar, yang menaungi seluruh kecenderungan tindakan kita dalam berpikir maupun bertindak.  Self image juga di analogikan sebagai "Kartu Identitas" yang kita perkenalkan pada alam semesta.
Self image merupakan selubung atau filter yang sangat kuat yang mempengaruhi pemikiran, dan hanya akan meloloskan pemikiran yang sejalan dengan Self Image tersebut, sebaliknya akan mematahkan pemikiran yang tidak sejalan.
Berbagai "Outcomes" atau "Objectives" sangat sulit bahkan mustahil dapat dicapai, jika bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Self Image.  Oleh karena itu penting bagi kita untuk betupaya membersihkan terlebih dahulu Self Image yang tidak memberdayakan dari diri kita dan memasukkan Self Image yang diperlukan.
Self Image merupakan ekspresi dari Belief System kita, dan pada umumnya betrsifat global (Chunk-up), seperti misalnya :
"Saya pribadi yang menarik"
"Saya selalu gagal"
"Saya tidak memilki darah bisnis"
"Saya dilahirkan sebagai pemimpin"
"Saya ditakdirkan untuk menderita"
"Saya selalu mampu menyelesaikan permasalahan"
Ketika kita ingin membangun Self Image tertentu, maka kita perlu mengamati terlebih dahulu apakah ada self image yang tidak memberdayakan kita, kalau kita mampu mengidentifikasikannya selanjutnya berupayalah untuk menghilangkannya.
Self Image bersifat global, maka tidak ada salahnya kita memasukkan sebanyak-banyaknya berbagai self image yang memberdayakan kita dalam mewujudkan berbagai outcome atau mengubah behavior tertentu.
Saat ini Self Image dapat diprogamkan pada diri kita, melalui teknik Hipnosis, NPL, Psychocybernetic atau berbagai teknik lainnya yang sejenis.

"Selamat merekayasa ulang Self Image kita masing-masing......."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar